Physical Address

304 North Cardinal St.
Dorchester Center, MA 02124

Cara Menghapus File yang Dibagikan di Google Drive

9 Cara Menghapus File yang Dibagikan di Google Drive

Cara Menghapus File yang Dibagikan di Google Drive – Google Drive adalah salah satu layanan penyimpanan cloud populer yang disediakan oleh Google. Dengan Google Drive, pengguna dapat menyimpan berbagai jenis file, seperti dokumen, gambar, video, dan lainnya secara online, sehingga dapat diakses dari berbagai perangkat dengan koneksi internet. Salah satu fitur yang sangat berguna dari Google Drive adalah kemampuannya untuk berbagi file dengan orang lain.

Berbagi file di Google Drive memungkinkan kita untuk mengizinkan orang lain melihat, mengedit, atau bahkan mengunduh file yang kita pilih. Namun, terkadang ada situasi di mana kita ingin menghapus akses berbagi file tersebut. Mungkin karena telah selesai berkolaborasi, ingin menjaga privasi, atau hanya ingin membersihkan akses berbagi yang sudah tidak relevan lagi.

Dalam artikel ini, Markazal Khaleej akan menjelaskan dengan lengkap cara menghapus file yang telah dibagikan di Google Drive. Kami akan membahas langkah-langkahnya dengan detail dan memberikan panduan langkah demi langkah agar Anda dapat melakukan proses ini dengan mudah.

Baca Juga: Cara Menghilangkan Garis Merah di Pinggir Word

Cara Menghapus File yang Dibagikan di Google Drive

Berikut ini adalah panduan cara menghapus file yang dibagikan di google drive di Android.

Langkah 1: Akses Google Drive

Langkah pertama yang perlu Anda lakukan adalah mengakses akun Google Drive Anda. Buka browser web dan masuk ke akun Google Anda. Setelah masuk, klik pada ikon “Google Apps” yang terdiri dari sembilan titik di pojok kanan atas layar dan pilih “Drive” dari daftar aplikasi yang muncul.

Langkah 2: Temukan File yang Dibagikan

Setelah Anda masuk ke Google Drive, langkah selanjutnya adalah menemukan file yang ingin Anda hapus dari bagian berbagi. File yang telah Anda bagikan atau yang dibagikan dengan Anda akan muncul dalam bagian “Bagikan dengan Saya” di panel sebelah kiri.

Gulir melalui daftar file yang dibagikan dengan Anda atau yang Anda bagikan, temukan file yang ingin Anda hapus dari bagian berbagi, dan klik kanan pada file tersebut.

Baca Juga: Cara Menghilangkan Garis Merah di Layar Laptop

Langkah 3: Pilih “Hapus Berbagi”

Setelah mengklik kanan file yang sesuai, akan muncul menu konteks. Pilih opsi “Hapus Berbagi” dari menu tersebut.

Langkah 4: Konfirmasi Penghapusan

Setelah Anda memilih “Hapus Berbagi,” sebuah kotak dialog akan muncul untuk mengonfirmasi tindakan tersebut. Kotak dialog ini akan memberikan informasi tentang konsekuensi dari tindakan ini, yaitu orang-orang yang memiliki akses berbagi ke file ini tidak akan dapat melihat atau mengedit file lagi.

Jika Anda yakin ingin melanjutkan, klik “Hapus berbagi” untuk menghapus akses berbagi file tersebut. Jika Anda ingin membatalkan, klik “Batal.”

Baca Juga: Cara Menghilangkan Garis Hitam di Layar HP

Langkah 5: Hapus File (Opsional)

Setelah menghapus berbagi file, Anda juga dapat memutuskan untuk menghapus file tersebut secara keseluruhan dari Google Drive Anda, tergantung pada preferensi Anda. Jika Anda ingin menghapus file, Anda dapat melakukan langkah-langkah berikut:

  1. Cari file yang ingin Anda hapus dalam daftar file di Google Drive Anda.
  2. Klik kanan file tersebut dan pilih opsi “Hapus” dari menu konteks yang muncul.
  3. Konfirmasi penghapusan file dengan mengklik “Hapus” pada kotak dialog konfirmasi.

Jika Anda tidak ingin menghapus file fisik dari Google Drive, Anda dapat melanjutkan ke langkah berikutnya untuk menghapus file dari bagian berbagi.

Baca Juga: Cara Menghilangkan Bercak Putih di Layar Laptop

Langkah 6: Verifikasi Perubahan

Setelah Anda menghapus berbagi file, Anda akan melihat perubahan tersebut secara langsung. Orang-orang yang sebelumnya memiliki akses berbagi ke file tersebut tidak akan lagi bisa melihat atau mengeditnya. File tersebut kembali menjadi sepenuhnya milik Anda.

Langkah 7: Mengelola Pengaturan Berbagi Lainnya

Dalam beberapa situasi, Anda mungkin ingin mengelola pengaturan berbagi file dengan lebih detail. Google Drive menyediakan opsi yang memungkinkan Anda untuk mengubah akses berbagi, mengedit pengguna yang memiliki akses berbagi, atau bahkan menghapus berbagi dengan beberapa pengguna sementara yang lain tetap memiliki akses.

Untuk mengelola pengaturan berbagi file dengan lebih lanjut, ikuti langkah-langkah di bawah ini:

  1. Klik kanan pada file yang ingin Anda atur pengaturan berbaginya.
  2. Pilih “Bagikan” dari menu konteks yang muncul.

Langkah 8: Ubah Pengaturan Berbagi

Setelah Anda mengklik “Bagikan,” Anda akan melihat pengaturan berbagi file. Di sini, Anda dapat mengubah izin akses file dari “Siapa saja yang memiliki tautan” menjadi “Pengguna tertentu” atau sebaliknya. Anda juga dapat mengatur perizinan untuk setiap pengguna yang telah Anda undang.

Untuk mengatur izin akses untuk setiap pengguna, ikuti langkah-langkah ini:

  1. Ketik alamat email atau nama pengguna Google mereka dalam kotak “Tambah orang atau grup.”
  2. Pilih perizinan yang sesuai dari opsi yang ditawarkan (Lihat, Edit, atau Berikan akses).
  3. Klik “Kirim.”

Baca Juga: Cara Menghilangkan File Excel Group

Langkah 9: Menghapus Pengguna dari Bagian Berbagi

Jika Anda ingin menghapus akses berbagi dari salah satu pengguna yang sebelumnya Anda undang, ikuti langkah-langkah berikut:

  1. Klik pada pengguna yang ingin Anda hapus dari daftar pengguna yang memiliki akses.
  2. Klik pada ikon sampah di sebelah nama mereka untuk menghapus akses berbagi mereka.

Kesimpulan

Menghapus file yang dibagikan di Google Drive dapat dilakukan dengan mudah dan cepat. Setelah Anda menghapus berbagi file, akses berbagi akan langsung dihilangkan, dan orang-orang yang sebelumnya memiliki akses tidak akan lagi dapat melihat atau mengedit file tersebut.

Jangan lupa bahwa mengelola pengaturan berbagi file adalah hal penting dalam mengatur privasi dan kolaborasi dengan pengguna lain. Google Drive menyediakan berbagai opsi untuk memungkinkan Anda mengontrol dan mengatur siapa yang memiliki akses ke file Anda, sehingga Anda dapat memanfaatkannya sepenuhnya sesuai dengan kebutuhan Anda.

Dengan mengikuti panduan di atas, Anda sekarang dapat menghapus berbagi file dengan mudah, serta mengatur dan mengelola izin akses bagi para pengguna yang Anda undang untuk berbagi file di Google Drive. Semoga artikel ini bermanfaat dalam membantu Anda mengoptimalkan penggunaan Google Drive Anda. Selamat mencoba!

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *